Tips Membuka Usaha Warkop, Kopi kekinian memang sedang laris-larisnya. Mau bisnis di bidang ini? Daripada franchise, mendingan buka usaha warung kopi depan rumah. Lebih murah dan lebih cuan!

Semakin menjamurnya keberadaan coffee shop bukan berarti warung kopi kehilangan peminatnya. Usaha warkop masih menjadi bisnis minuman dengan banyak pelanggan, baik remaja maupun orang tua. Oleh karena itu, jika Anda ingin merintis bisnis, peluang usaha warkop patut dicoba. Pada artikel kali ini, OCBC akan membahas mengenai modal usaha warkop kekinian serta tips suksesnya. Bagi Anda yang ingin berbisnis di bidang berikut, yuk simak berbagai infonya di bawah ini.

Tips Membuka Usaha Warkop

Berikut adalah tips membuka usaha warkop yang harus kalian ketahui.

Tentukan Target Konsumen

Menentukan target pasar merupakan sebuah keharusan bagi pebisnis. Hal ini karena dengan memahami siapa saja calon pembeli beserta kebutuhannya, Anda dapat menentukan konsep menu, desain warung, dan harga yang sesuai.

Misalnya, Anda menargetkan mahasiswa sebagai konsumen utama. Maka pilih lokasi yang tak jauh dari kampus. Selanjutnya, sajikan menu kekinian seperti dalgona coffee, kopi jelly, dan kreasi unik lainnya. Jangan lupa ciptakan dekorasi instagramable dengan konsep favorit anak muda.

Mencari Pemasok Kopi yang Berkualitas

Agar memiliki banyak pelanggan, sangat penting untuk mencari pemasok bahan berkualitas. Hal ini karena kualitas biji kopi akan berpengaruh pada cita rasanya. Dengan demikian, lakukan survey dan uji coba terlebih dahulu.

Anda juga dapat menyesuaikan kualitas bahan dengan harga per cangkirnya. Apabila menunya cukup terjangkau, maka carilah kopi yang irit di kantong namun mutunya mampu bersaing Selain itu, usahakan mencari lokasi pemasok terdekat untuk menghemat biaya pengiriman.

Susun Strategi Marketing

Strategi marketing adalah aspek penting agar bisnis Anda dipadati pembeli. Manfaatkan media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Tiktok sebagai platform pemasaran secara gratis. Selain itu, gunakan jasa content writer, influencer, dan food vlogger untuk mengulas produk Anda. Jangan lupa sediakan diskon maupun promo menarik saat hari besar atau momen tertentu.

Buat Konsep Warung yang Unik

Setelah menemukan target konsumen, saatnya menentukan konsep warung. Misalnya, apabila Anda menargetkan pasar anak kost yang sering mengkonsumsi mie instan, maka usaha warkop Indomie (Warmindo) dapat menjadi pilihan menarik. Selain itu, sesuaikan menu dengan konsep yang Anda usung. Misalnya, untuk konsep usaha warkop Indomie, sediakan menu berbagai kreasi mie instan dan kopi susu nikmat yang harganya pas di kantong mahasiswa.

Berikan Pelayanan Terbaik

Pelayanan yang ramah sama pentingnya dengan cita rasa. Agar pembeli melakukan repeat order, maka pastikan kedua hal tersebut ada dalam warung Anda. Oleh karena itu, pilihlah barista dan pegawai dengan kepribadian baik, kemampuan sosialisasi, serta pengetahuan di bidang customer service.

Disiplin dalam Pembukuan Keuangan

Pembukuan keuangan adalah rutinitas penting agar bisnis warkop Anda dapat bertahan dalam waktu lama. Pastikan seluruh arus kas usaha tercatat dengan rapi tiap minggunya. Agar lebih mudah, Anda dapat menggunakan software akuntansi maupun jasa akuntan.

Pilih Lokasi Strategis

Selain memilih lokasi yang dekat dengan target market, pilihlah lokasi di sekitar keramaian maupun fasilitas umum. Intinya, lokasi usaha warkop harus strategis, mudah dijangkau dari pemukiman pendudukan maupun jalan besar, serta memiliki area parkir.

Buat Perincian Modal

Rincian modal tak hanya dibutuhkan ketika akan merintis usaha, namun juga pada saat fase pengembangan bisnis agar setiap pengeluaran dapat langsung dialokasikan untuk kebutuhan yang tepat. Misalnya, Anda ingin menambahkan mesin penggiling kopi sekaligus memperluas bangunan. Maka, buatlah rincian berisi harga alat maupun bahan bangunan yang dibutuhkan.

Keuntungan Usaha Warkop

Keuntungan usaha warkop kekinian tergolong menjanjikan. Hal ini karena menu yang unik biasanya dijual dengan harga yang lebih mahal, misalnya Rp20 ribu per cangkir. Namun ingat, selalu imbangi harga dengan cita rasa, kebersihan tempat, dan kualitas pelayanan.

Contoh perhitungan keuntungan adalah apabila Anda merintis usaha dengan modal Rp10 juta dan biaya operasional per bulannya Rp400 ribu, lalu pendapatan per harinya minimal Rp300 ribu, tentu setelah 2-3 bulan Anda sudah dapat menikmati laba bersih. Menarik bukan?

Nah itu tadi peluang, tips, dan rincian modal usaha warkop. Melihat peluangnya yang cukup besar dan modalnya dapat disesuaikan dengan jumlah budget, jangan ragu untuk merintis usaha yang satu ini. Tetap semangat!